PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Interaksi Sosial, Pembentukan Karakter, , Pendidikan Karakter, Siswa Sekolah Dasar, Teman SebayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa di tingkat sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi literatur. Studi literatur ini akan mengkaji berbagai penelitian, teori, dan temuan yang berkaitan dengan topik tersebut, untuk memahami bagaimana teman sebaya dapat membentuk karakter anak di usia sekolah dasar. Penelitian ini menemukan bahwa teman sebaya memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk perilaku sosial, nilai moral, dan sikap positif di kalangan siswa. Teman sebaya berfungsi sebagai model peran, sumber dukungan sosial, dan pengarah dalam menghadapi berbagai masalah sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi positif antar teman sebaya dapat memperkuat nilai- nilai karakter seperti kerjasama, kejujuran, dan rasa empati. Pada usia ini, anak-anak mulai mengembangkan identitas sosial mereka dan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan keluarga. Teman sebaya menjadi sumber pengaruh yang kuat, baik positif maupun negatif. Melalui interaksi sehari-hari, siswa belajar nilai-nilai seperti kerjasama, empati, dan tanggung jawab. Selain itu, teman sebaya juga dapat memotivasi satu sama lain untuk mencapai tujuan akademis dan pribadi, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan karakter yang positif. Namun, penting bagi pendidik dan orang tua untuk mengawasi dinamika ini, karena pengaruh negatif dari teman sebaya, seperti tekanan untuk berperilaku buruk atau meniru perilaku yang tidak baik, juga dapat terjadi.
Downloads
References
Alwaan, A. Z., & T, N. A. (2024). Dakwah Strategy in The Modern Era. INJIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 28–34. Retrieved from https://injies.unimika.ac.id/index.php/injies/article/view/4
Aziz, M., ‘Arif, M., Alwi, M. F., & Nugraha, M. N. (2024). Improving The Quality of Education Through Optimizing the Educational Administration System at The An-Nur Islamic Education Foundation. INJIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 5–15. Retrieved from https://injies.unimika.ac.id/index.php/injies/article/view/2
Amir, A., Afnita, A., Zuve, F. O., & Erlianti, G. (2024). Education and Application of Digital Media in Creation and Documentation Artery Based Service Letter. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(1), 36–42. Retrieved from https://jerit.unimika.ac.id/index.php/jerit/article/view/5
Adeoye, M. A., & Otemuyiwa, B. I. (2024). Navigating the Future: Strategies of EdTech Companies in Driving Educational Transformation. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(1), 43–50. Retrieved from https://jerit.unimika.ac.id/index.php/jerit/article/view/10
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. New York: General Learning Press.
Brown, B.B., & Larson, J. (2009). Peer Relationships in Adolescence. Handbook of Adolescent Psychology, 2, 74-103.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Gottman, J. M., & Mettetal, G. (1986). "The Role of Friendship in Children's Social Development." Journal of Early Adolescence, 6(3), 307-322.
Hartup, W.W. (1996). "The Company They Keep: Friendships and Their Developmental Significance." Child Development, 67(1), 1-13.
Hartup, W.W., & Stevens, N. (1999). Friendship and Adaptation in the School Years. Current Directions in Psychological Science, 8(3), 76-79.
Hardika, J., Iskandar, M. Y., Hendri, N., & Rahmi, U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(2), 197–205. https://doi.org/10.34125/jkps.v9i2.491
Iskandar, M. Y. (2024). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 57-70. https://doi.org/10.15548/mrb.v7i1.3477
Iskandar, M. Y., Aisyah, S., & Novrianti, N. (2024). Pengembangan Computer Based Testing Menggunakan Aplikasi Kahoot! Untuk Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(2), 218–226. https://doi.org/10.34125/jkps.v9i2.493
Iskandar, M. Y., Azira, V., Nugraha, R. A., Jasneli, I., Rahmanda, R., & Putra, A. E. (2024). Advancing Educational Practices: Implementation and Impact Desain Grafis in Education. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education (IJMURHICA), 7(2), 98–107. https://doi.org/10.24036/ijmurhica.v7i2.216
Iskandar, M. Y., Hendra, H., Syafril, S., Putra, A. E., Nanda, D. W., & Efendi, R. (2023). Developing Interactive Multimedia for Natural Science in High School. International Journal of Multidisciplinary of Higher Education, 6(3), 128-135.
Iskandar, M. Yakub (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Iskandar, M. Y., Bentri, A., Hendri, N., Engkizar, E., & Efendi, E. (2023). Integrasi Multimedia Interaktif Berbasis Android dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4575-4584.
Kohlberg, L. (1981). Essays on Moral Development: Volume One, The Philosophy of Moral Development. San Francisco: Harper & Row.
Mead, G. H. (1934). Mind, Self, and Society. Chicago: University of Chicago Press.
Niemi, H. (2002). The Role of Peer Groups in Social Development. Journal of Educational Psychology, 24(2), 82-95.
Olweus, D. (1993). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Cambridge, MA: Blackwell.
Ryan, A.M., & Shim, S.S. (2012). Peer Relationships and Academic Achievement. Educational Psychology Review, 24(4), 399-417.
Santrock, J.W. (2019). Adolescence (16th Edition). McGraw-Hill Education.
Sukmadinata, N.S. (2014). Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tannenbaum, L. (2015). The Role of Peer Influence in Children’s Development. Journal of Child Psychology, 18(4), 325-340.
Yolanda, N. S., & Laia, N. (2024). Practicality of Mathematics Learning Media Using Applications PowToon. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(1), 27–35. Retrieved from https://jerit.unimika.ac.id/index.php/jerit/article/view/4
Wentzel, K.R. (2003). Social influences on school adjustment: The role of peers. Educational Psychologist, 38(1), 3-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Education Research and Learning Innovation

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.