PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI FONDASI BANGSA YANG KUAT DAN BERINTEGRITAS UNTUK GENERASI EMAS

Authors

  • Mochamad Misbahrudin Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia
  • Rafi Ajrul Baha' Udin Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia
  • Fitria Nur Cholili Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia
  • Suttrisno Suttrisno Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Keywords:

Fondasi Bangsa, Pendidikan Pancasila

Abstract

Pancasila memiliki peran sentral dalam membentuk generasi emas yang berkarakter, berintegritas, dan mampu menghadapi tantangan global. Artikel ini membahas pentingnya pendidikan Pancasila sebagai fondasi bangsa yang kuat, dengan fokus pada internalisasi nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda melalui pendekatan pendidikan formal, informal, dan non-formal. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi strategi pembelajaran yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, seperti gotong royong, toleransi, keadilan, dan kebhinekaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila tidak hanya memperkuat identitas nasional, tetapi juga membentuk generasi yang memiliki daya saing global tanpa kehilangan jati diri kebangsaan. Kesimpulan penelitian ini menekankan perlunya sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mendukung penguatan pendidikan Pancasila sebagai pilar utama untuk mewujudkan generasi emas Indonesia yang berintegritas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Fa’idah, M. L., Febriyanti, S. C., Masruroh, N. L., Pradana, A. A., & Hafni, N. D. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. TA'DIBAN: Journal of Islamic Education, 4(2), 79-87. Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi

Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.

Ihsan, W. N., Putri, A. A., Prastika, I. Y., Nababan, S. L., Patunnisa, T., & Kurniawan,

F. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti Sejak Dini untuk Membangun Generasi Bangsa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1817-1821.

Kamaruddin, I., Sujarot, S., Septiani, V., Handayani, E. S., Muhammadong, M., & Kesek, M. N. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16460-16465.

Kosim, M. (2020). Penguatan pendidikan karakter di era industri 4.0: Optimalisasi pendidikan agama islam di sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88-107.

Marlina, E., Azzahra, S., & Dewi, R. S. (2024). Strategi Efektif Menanamkan Nilai Kejujuran pada Generasi Muda melalui Pendidikan Karakter. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 326-330.

Muhammad, S., Tansah, L., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2024). Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 44-53.

Muhsinin, A. N., Parizal, F., Rohmatulloh, R., & Mila, S. H. (2023). Pengaruh pendidikan kewarganegaraan terhadap pembentukan karakter dan moral mahasiswa. Advances In Social Humanities Research, 1(4), 288-297.

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(1), 29-43.

Purna, T. H., Prakoso, C. V., & Dewi, R. S. (2023). Pentingnya karakter untuk pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 192-202.

Rais, N. S. R., Dien, M. M. J., & Dien, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61-71.

Santika, T. (2018). Peran keluarga, guru dan masyarakat dalam pembentukan karakter anak usia dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(2), 77-85.

Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993-1001.

Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1-22.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 4045-4052.

Supriati, A. (2021). Eksistensi pendidikan kewarganegaraan dalam memperkokoh karakter generasi muda di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 43-49.

Wahono, M. (2018). Pendidikan karakter: Suatu kebutuhan bagi mahasiswa di era milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.

Wulandari, T. A. (2018). Peningkatan Karakter Religius Siswa Melalui Penerapan Budaya Sekolah (Studi Kasus Di Mi Bunga Bangsa Dolopo Kabupaten Madiun) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Yunanto, F., & Kasanova, R. (2023). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter. Journal On Education, 5(4), 12401-12411.

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262-278.

Sutarjo. "Mengoptimalisasikan Pendidikan Karakter Siswa sebagai Fondasi Kebangkitan Generasi Emas 2045." Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023.

Adiyatma, Mochammad Ragil. "Peran Pancasila sebagai Fondasi Pendidikan di Indonesia: Analisis Pengaruhnya terhadap Pengembangan Etika dan Moral." National Conference for Ummah (NCU), 2023.

Ruwaidah, Ai Ira Siti et al. "Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan." Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 2024.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Misbahrudin, M., Udin, R. A. B., Cholili, F. N., & Suttrisno, S. (2025). PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI FONDASI BANGSA YANG KUAT DAN BERINTEGRITAS UNTUK GENERASI EMAS. Journal of Education Research and Learning Innovation, 1(2). Retrieved from https://jetsli.unimika.ac.id/index.php/jetsli/article/view/33